Jumat, 19 Oktober 2012

Tips Aman Belanja ditoko Online


Belanja online sudah menjadi gaya hidup masa kini, serba mudah dan cepat, dapat kita lakukan kapan saja dan dimana saja, dengan handpone pun dapat kita lakukan transaksi melalui online , dari sisi positif toko online sangat membantu kita dengan menghemat waktu,tenaga dan biaya tanpa kita harus bepergian mencari barang kepertokoan atau mall misalnya,

Tapi perlu anda waspadai juga bawasannya tidak semua situs toko online atau seseorang yang menjual barang diinternet  adalah benar-benar seorang pedagang melainkan penipuan berkedok toko online. Sering kali kita mendengar dimedia kasus penipuan yang menimpa seseorang ketika bertansaksi dengan toko online.

Penampilan website yang bagus dengan menampilkan design cantik, harga barang discont besar-besaran , barang mewah dengan harga murah meriah , menampilkan testimoni konsumen seolah-olah produk ini hebat tiada tandingan dan segala macam bentuk teknik promosi, semua itu bisa benar begitu adanya bisa juga tidak, oleh karena itu Saya ada beberapa tips sebelum  menentukan belanja online disitus mana kita akan bertransaksi.


1. Selidiki Web Tempat Anda Akan Berbelanja
Ini adalah langkah paling utama ketika anda memulai belanja online melalui sebuah situs web, jadilah seakan-akan seorang detiktif swasta, selidiki tentang situs tersebut melalui mesin pencarian google dengan cara mengetik alamat web tersebut.

Sebagai pertimbangan anda dapat mencari tau sudah berapa lama situs tersebut dikelola, cari ulasan konsumen mereka , jika ada yang tidak beres sebaiknya tinggalkan saja situs tersebut. Tanyakan alamat sipenjual, apabila  alamat penjual berada diluarkota anda dapat meminta bantuan saudara atau teman yang berada dikota tersebut untuk memastikan langsung ke alamat si penjual.

2. Jangan Mudah Tergoda Barang Murah
Jangan terburu-buru  tergiur dengan potongan harga yang besar atau  barang murah meriah, baca dahulu keterangan produk dengan teliti atau telpon sipenjual untuk menjelaskan produk tersebut, kemampuan penjual dalam menguasai knowlage produk akan terlihat , jika perlu bandingan dengan produk serupa disitus web lain. dan jika anda ragu sebaiknya tinggalkan saja toko online tersebut.

3. Sistem Transaksi
Tanyakan harga total barang  beserta ongkos kirim plus packing barang, Biasanya transaksi dilakukan pembayaran via transver bank, untuk saat ini cara transver via bank lebih aman,  anda dapat menyimpan bukti pembayaran apabila barang ternyata tidak dikirim atau barang yang anda pesan  tidak sesuai pesanan.

 Pertimbangkan sistem transaksi yang ditawarkan oleh sipenjual , biasanya pengiriman barang  dilakukan setelah pembeli melakukan pembayaran lunas  , Jika ragu anda dapat bekerja sama dengan perusahaan ekspedisi dengan cara bayarlah DP sebagai tanda jadi kemudian melunasi pembayaran setelah barang diterima oleh ekspedisi, tentunya setelah anda cek atau kontak keperusahaan ekspedisi yang telah disepakati.

4.Pengiriman Barang
 Pastikan nama perusahaan ekspedisi yang akan digunakan, kemudian mintakan no resi pengiriman yang dapat anda pantau history perjalanan pengiriman.


Jika anda memiliki masukan lain, dengan senang hati kita dapat berbagi disini. Semoga tips ini bermanfaat bagi anda yang ingin belanja online.


Image :linnareacu.org






Tidak ada komentar:

Posting Komentar