Jumat, 19 Oktober 2012

Pulau Moro Asli Indonesia

Ketika kita mendengar nama pulau moro pasti yang ada dalam benak pikiran kita adalah suku moro yang ada di filipina , kenapa? karena yang sering kita dengar dimedia adalah suku Bangsa moro beragama islam yang tedapat di filipina.
Eeits...jangan salah sangka dulu, Bagi orang kepri mungkin sudah  tidak asing lagi,  Pulau moro yang saya maksud adalah Pulau moro yang ada diindonesia, Awalnya merupakan sebuah Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Riau yang terdiri dari 18 Kecamatan namun sejak tanggal 12 Oktober 1999 telah memasuki bagian wilayah Kabupaten Karimun. Kecamatan moro memiliki pusat kegiatan di Pulau Moro yang mencakup satu Kelurahan dan 8 desa. kurang lebih jumlah penduduknya sekitar 18000 jiwa.

Kalau masih ndak percaya ini loh gambarnya



 Kantor Lurah Moro

Pelabuhan Pulau Moro



Kapal bersandar didekat pelabuhan , disini transportasi utama adalah kapal

 Salah satu pantai disudut pulau moro

Pusat keramaian

Jalan Utama satu-satunya dipulau moro
Masjid Raya Moro


 SDN 01 Moro


Penduduk Pulau moro  banyak dihuni oleh suku melayu dan keturunan tionghoa, tapi banyak juga perantau dari jawa, madura, padang mereka hidup rukun berdampingan satu sama lain. Bahasa keseharian yang sering dipakai oleh penduduk  moro yaitu bahasa melayu dan bahasa Cina dan tentunya bahasa indonesia sebagai bahasa nasionalnya dong..

Fasilitas pelayanan masyarakat sudah terpenuhi dari kantor kecamatan, kelurahan, KUA , Puskesmas, PLN, Telkom, sekolahan  dan masih banyak lagi  " pokoke wes komplit " alias sudah komplit ada semua di pulau ini.
Ceritanya sampai disini dulu,  Tunggu cerita yang lebih seruu  tapi sabar ya sambil nyusun data pada berceceran..,Insya ALLOH akan saya lanjutkan di posting berikutnya, paling tidak sudah ada gambaran tentang pulau moro.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar